SEJARAH KELAHIRAN HIMATIKA UNIPDU


Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum Jombang diresmikan pada tahun 2007, dengan program studi S1 Matematika. Pada angkatan pertama ini mahasiswa MIPA berjumlah 4 mahasiswa. SDM yang sangat minim membuat mahasiswa MIPA tidak bisa membentuk sebuah Badan Eksekutif Mahasiswa. Akan tetapi fakultas MIPA bekerjasama dengan fakultas Teknik, dan dibentuklah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik-MIPA (BEM FTM). Di tahun kedua, 2008, mahasiswa MIPA yang terdaftar berjumlah 2 mahasiswa. Setelah bertambahnya jumlah mahasiswa MIPA, mereka memiliki keinginan untuk membentuk sebuah organisasi khusus untuk mahasiswa matematika, mengingat program studi yang diambil adalah matematika. Tekad kuat yang dimiliki mahasiswa MIPA saat itu menjadi angin segar untuk kemajuan organisasi intra di fakultas MIPA. Terbukti dengan terbentuknya Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HIMATIKA) UNIPDU pada tanggal 08 Juni 2008. HIMATIKA UNIPDU tetap berada dibawah naungan BEM FTM.



        Moh. Romli terpilih menjadi ketua untuk kepengurusan HIMATIKA UNIPDU periode 2008 - 2009. Setengah periode kepengurusan sudah berjalan ketika HIMATIKA UNIPDU mengalami satus quo. Hal itu disebabkan karena Moh. Romli yang mengambil cuti panjang. Untuk mengisi kekosongan posisi ketua, Eni Nur Aisyah, yang saat itu menjabat sebagai wakil ketua menggantika posisi Moh. Romli sampai akhir kepengurusan.
Periode kedua (2009 - 2010) HIMATIKA UNIPDU masih dipimpin oleh Eni Nur A. Mengapa tidak ada pemilihan ketua lagi? Hal ini dikarenakan mahasiswa MIPA yang terdaftar pada tahun 2009 juga sangat minim. Hanya 2 mahasiswa. Pada periode kedua ini HIMATIKA UNIPDU mulai menunjukkan eksistensinya di kancah nasional. Hal ini ditandai melalui bergabungnya HIMATIKA UNIPDU dengan Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) Indonesia dan Ikatan Lembaga Mahasiswa MIPA (ILMMIPA) Indonesia. Diakhir kepengurusan periode kedua ini barulah diadakan Musyawarah Mahasiswa yang I.  
        Musyawarah Mahasiswa I dilaksanakan dengan sederhana. Bertambahnya anggota MIPA sebanyak 6 mahasiswa inilah yang menjadi tekad pengurus untuk memberbaiki kondisi internal HIMATIKA UNIPDU. Terpilihlah M. Adris Purnomo sebagai ketua HIMATIKA UNIPDU tahun 2010 – 2011. Di periode inilah HIMATIKA UNIPDU dipisahkan dari BEM FTM. Cerai dengan BEM FTM tidak membuat semangat mahasiswa MIPA runtuh. Tidak lama setelah dipisah dari BEM FTM, HIMATIKA UNIPDU menunjukkan aksinya, yaitu menjadi tuan rumah dalam acara Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) IKAHIMATIKA Indonesia. Acara nasional pertama yang dilaksanakan di Kampus Unipdu. 
       Bersamaan dengan berakhirnya kepengurusan Adris Purnomo, fakultas MIPA membuka prodi pendidikan matematika. SDM MIPA bertambah berkali lipat dari tahun sebelumnya. Lebih dari 15 mahasiswa telah terdaftar. Musyawarah Mahasiswa II pun dilaksanakan dengan formal. Musyawarah Mahasiswa II ditutup dengan terpilihnya Nur Kholishoh sebagai Ketua HIMATIKA UNIPDU tahun 2011 – 2012. Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa dilaksanakan tidak lama setelah Nur Kholishoh terpilih. Awamnya pengetahuan tentang seluk beluk organisasi menjadi alasan utama dilaksanakannya LKMM bagi pengurus periode ini. Setelah menjadi tuan rumah RAPIMNAS IKAHIMATIKA Indonesia, HIMATIKA UNIPDU lebih diakui oleh civitas akademik Unipdu. Sehingga hal itu menjadi peluang bagi pengurus untuk lebih menunjukkan eksistensi HIMATIKA UNIPDU. Pada periode ini pula HIMATIKA UNIPDU mendapat legalitas sebagai anggota resmi IKAHIMATIKA  dari Sekretaris Jenderal IKAHIMATIKA. 

HIMATIKA… 
YES!!!
HIMATIKA… 
DAHSYAT!!! 
HIMATIKA UNIPDU. Diberdayakan oleh Blogger.